Cara Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Muka Bisnis. Banyak orang masih ingin tahu kapan mereka ingin punya atau membuka bisnis, terutama tentang bagaimana akan membuka bisnis kecil dengan modal kecil. Berbagai keraguan, ketakutan dan kekhawatiran yang mereka rasakan sebelum membuka bisnis. Mereka takut dan mencemaskan apakah bisnis tersebut akan sukses atau tidak. Kekhawatirannya sangat wajar, karena itu untuk memulai atau membuka usaha yang akan lebih baik memulai dengan modal usaha kecil namun. Dengan harapan bahwa jika menggunakan modal kecil terlebih dahulu kemudian jika ada risiko kegagalan pun kecil.



Membicarakan urusan modal usaha, berbagai pola pikir di luar, Saya rasa kurang tepat. Banyak orang berpikir bahwa faktor yang menentukan utama dalam suksesnya bisnis adalah modal (dalam hal ini banyak orang berpikir bahwa modal harus uang). Perlu di ingat bahwa dalam bentuk uang modal usaha ini penting dalam memulai atau membuka usaha, tapi modal usaha tidak hanya dalam bentuk uang saja. Ide bisnis, pola pikir, semangat, ketekunan, keuletan dan kerja keras adalah modal usaha lebih penting daripada modal dalam bentuk uang. Jadi menurut pendapat saya, keberhasilan bisnis tidak hanya dilihat dari ukuran modal saja tetapi faktor ketekunan, keuletan dan kerja keras sangat mempengaruhi.

Sebelum membuka usaha, hal yang terpenting menurut saya adalah mindset dan mental yang harus di asah terlebih dulu. Mind set sebagai pengusaha mesti terus di asah, agar tidak terjebak hanya sebagai pedagang atau self employee saja.

Ada Beberapa Langkah Dalam Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Kecil :

Kita harus punya alasan yang kuat kenapa ingin membuka usaha, alasan inilah yang akan menggerakkan langkah kita menjadi semakin mantap untuk memulai atau membuka usaha dengan modal kecil dan mewujudkan impian sukses. Hindari alasan yang sesaat yang bisa mematahkan semangat dalam berwirausaha.

Untuk bisa segera memulai atau membuka usaha dengan modal kecil adalah memutuskan berapa banyak modal yang akan diinvestasikan. Apakah nol sama sekali, ratusan ribu, atau jutaan rupiah. Nilai ini anggap saja jumlah yang benar-benar siap dikorbankan jika usaha tidak lancar nantinya. Yang perlu diingat sebenarnya uang tersebut tidaklah hilang, anggaplah sebagai biaya belajar.

Banyak yang menyarankan agar memulai atau membuka usaha harus sesuai dengan minat atau hobby-nya. Memang sangat bagus dan ideal jika bisa berbisnis sesuai minat / hobbynya. Tapi untuk merintis usaha menurut saya yang penting bisa dijalani atau tidak. Sekali lagi niatkan untuk membentuk mindset / mental pengusaha dan mengasah kemampuan memanfaatkan peluang bisnis.

Kita dituntut mampu disiplin dalam mengatur waktu, antara waktu untuk keluarga, waktu untuk usaha yang anda jalankan atau mungkin juga waktu untuk bekerja di sebuah perusahaan (jika anda masih sambil bekerja di sebuah perusahaan).

Jangan ragu untuk mengajak atau melibatkan orang- orang terdekat anda untuk menjadi rekan kerja dalam menjalankan usaha anda sehari-hari, sementara kita masih bekerja sebagai karyawan di perusahaan lain. Merekalah yang nantinya akan menjalankan usaha anda berdasarkan arahan dan strategi usaha yang telah disepakati.

Dalam membantu pemasaran (promosi), monitoring dan juga komunikasi dengan tim kerja di usaha kita maka gunakan teknologi seperti: website, jejaring sosial (seperti Facebook, Twitter, dll), email, smartphone, CCTV dan lainnya.

Kata- kata tersebut juga berlaku ketika kita hendak membuka sebuah usaha. Bergabung dengan komunitas- komunitas, grup / forum wirausaha yang bisa membantu kita mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari yang lainnya sehingga kita juga dapat mempunyai lingkungan usaha yang saling mensupport.

Jika usaha anda telah mampu menghasilkan keuntungan minimal 3 kali dari jumlah gaji yang diperoleh tiap bulannya dan stabil selama setahun maka perlu dipertimbangkan untuk menjadi pengusaha full time dan mengembangkannya agar lebih besar. Kembangkan usaha dan jangan lupa sedekah. Jika sudah bisa mulai membuka usaha kecil dengan modal kecil dan mulai bisa mendatangkan profit, usahakan tidak semua profit dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Sisihkan sebagian untuk diputar kembali, dijadikan modal usaha tambahan agar usaha bisa berkembang dan sebagian lagi sisihkan untuk zakat, infaq, dan sedekah.

Salam Sukses
Muka Bisnis

0 Response to "Cara Membuka Usaha Kecil Dengan Modal Kecil"

Posting Komentar